PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK MENJADI KERAJINAN TANGAN

Ditulis : Senin, 2020-02-03 - 21:21:07

PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK MENJADI KERAJINAN TANGAN

Sabtu(1/2/2020), mahasiswa KKN Universitas Lampung memberikan pelatihan pemanfaatan limbah plastik mernjadi kerajinan tangan. Adapun peserta yang ditagertkan adalah ibu-ibu kader PKK. Diharapkan dengan pemanfaatan tersebut dapat mengurangi limbah plastik di desa Cempaka Nuban. Selain itu, juga dapat meningkatkan nilai tambah dalam bidang ekonomi kreatif.

kkncempakanuban2020_20200203_9

IMG-20200201-WA0030

IMG-20200201-WA0031

Proses memanfaatkan barang bekas atau sampah untuk menghasilkan produk yang dapat digunakan kembali memiliki manfaat antara lain: (a)mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA, (b)mengurangi dampak lingkungan akibat penumpukan sampah (c) dapat menambah penghasilan dari produk daur ulang yang dihasilkan. Sampah anorganik, khususnya sampah plastik meliputi bungkus kopi, bungkus mie instan, bungkus detergen dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuatan kerajinan tangan seperti tas, dompet, jepit rambut dan aneka aksesoris lainnya.

Berdasarkan latar belakang diatas, pelatihan pengelolaan sampah anorganik sangat diperlukan. Salah satu bentuk pengelolaan sampah anorganik adalah dengan memanfaatkan sampah anorganik seperti kemasan bekas sabun, plastik kresek, dan kemasan detergen menjadi produk baru bernilai ekonomis seperti tas dan dompet yang kemudian dapat dijual sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara finansial.

Penulis/FYP 

Berita Lainnya


CEMPAKA NUBAN